7 Menu Cegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit pengeroposan pada tulang yang seringkali dialami wanita. Dewasa ini, penyakit ini semakin mengancam sekian banyak wanita. Jangan sampai Anda menjadi salah satunya.

Osteoporosis yang kerap menyerang wanita disebut dengan Osteoporosis senilis, disebabkan karena tubuh kurang asupan kalsium sehingga tidak ada keseimbangan antara kecepatan hancurnya tulang dan pembentukan tulang yang baru. Umumnya memang osteoporosis jenis ini menyerang wanita lanjut. Namun dewasa ini, dilaporkan bahwa wanita usia 50 tahunan sudah banyak yang mengalaminya.

Bagaimana mencegahnya?

Mencegah osteoporosis senilis adalah dengan mencukupi kebutuhan kalsium tubuh. Susu adalah penyedia kalsium yang tinggi dengan tambahan protein yang membuat tulang semakin kuat dan sehat. Namun ternyata tidak semua suka dan bisa minum susu. Alasannya, ada yang alergi, dan mungkin karena memang tidak suka pada rasanya.

Untuk Anda yang tidak bisa minum susu dan tidak suka susu, dapatkan tambahan kalsium dari menu-menu berikut ini:

Sayuran

Ternyata kalsium juga bisa dipetik dari sayuran, seperti brokoli, bunga kol, kubis, beet, dan lain sebagainya.

Kurma

Kurma adalah buah yang kaya akan kalsium sekaligus mangan. Yang sangat dibutuhkan oleh tulang untuk memperbaiki strukturnya.

Buah kaya vitamin C

Buah-buahan yang kaya vitamin C seperti jeruk, jambu, strawberry, nanas, apel, pisang dan sebagainya juga mengandung asupan kalsium yang bisa dimanfaatkan oleh tulang.

Telur

Nah, telur adalah menu hewani yang kaya mineral dan manfaat. Telur mengandung kalsium dan vitamin D alami.

Ikan-ikanan

Kandungan kalsium tinggi terutama pada ikan laut dalam seperti sarden, tuna, makarel, dan salmon. Kabarnya, semua menu ikan-ikanan laut dalam juga sekaligus bisa merawat kecantikan kulit.

Minyak ikan

Mengandung omega-3 yang ternyata dapat membantu mencegah osteoporosis, minyak ikan tak hanya dianjurkan dikonsumsi anak-anak saja. Anda juga boleh mengonsumsi minyak ikan untuk mencukupi kebutuhan omega-3.

Ada baiknya sejak dini Anda mengatur konsumsi makanan, terutama mineral-mineral penting seperti kalsium agar di kemudian hari Anda tak sampai mengalami kondisi kesehatan yang menurun.

Dengan kebutuhan kalsium yang tercukupi, Anda bisa mengatakan selamat tinggal pada osteoporosis.Image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s